Masa Prapaskah adalah masa untuk merenungkan pengorbanan Yesus Kristus bagi umat manusia melalui sengsara dan wafat di kayu salib dan kebangkitan-Nya. Kasih yang menyelamatkan manusia dari belenggu dosa.
Masa Prapaskah adalah masa retret agung Gereja, selama 40 hari kita diajak untuk memperbaharui diri dengan semangat tobat melalui puasa dan pantang. Sikap tobat tidak hanya secara batiniah saja tetapi diwujudkan dan mempunyai dampak pada sesama.
Aksi Puasa Pembangunan 2021 bertema: Bersama Simon Petrus, Mengenal Yesus sebagai Guru dan Tuhan. Pengalaman Petrus, jatuh bangun dalam beriman pada Yesus dapat menjadi permenungan bagi kita juga untuk tetap beriman dan mengenal Tuhan Yesus. Pengalaman Petrus bersama Yesus tersebut dapat menjadi teladan hidup kita dalam mengenal-Nya lebih dalam.
Tema ini sesuai dengan Arah Dasar Keuskupan Surabaya yang menetapkan tahun 2021 sebagai Tahun Mengenal Yesus Kristus dan program Komisi Anak tahun 2021 yaitu Mengenal Yesus sebagai Guru dan Tuhan.

Tema ini dijabarkan dalam 5 Sub Tema yakni:

  1. BERJUMPA DAN MENGIKUT YESUS
  2. BERJALAN BERSAMA YESUS
  3. SIAPAKAH YESUS BAGI SAYA?
  4. KEMULIAAN YESUS
  5. MENGASIHI YESUS DENGAN SEPENUH HATI

Semoga bahan yang kami susun dapat membantu anak-anak untuk mengenal Tuhan Yesus sebagai Guru dan Tuhan seperti Simon Petrus, sehingga dapat menyiapkan diri merayakan kebangkitan Kristus. Bahan ini dapat diperkaya dengan kreatifitas pendamping dan disesuaikan dengan tempat dan paroki, serta situasi anak, di mana BIAK dilaksanakan, terutama di masa pandemi, dengan tetap memperhatikan tujuan dalam setiap pertemuan.


Selamat Melayani! Tuhan Yesus memberkati!