Hai teman muda. Saat ini kita memasuki bulan Oktober yaitu bulan rosario. Gereja secara khusus mengajak kita menghormati Bunda Maria dengan berdoa rosario. Mengapa berdoa rosario? Santo Yohanes Paulus II mengatakan bahwa rosario adalah doa yang mengagumkan. Mengagumkan dalam kesederhanaan dan kedalamannya. Dalam katakata “Salam Maria” peristiwaperistiwa hidup Yesus yang pokok nampak di hadapan jiwajiwa yang mendoakannya. Pada saat yang sama hati kita dapat memeluk-Nya, melalui rangkaian puluhan butir rosario.

Tema pendalaman iman tahun ini adalah “ mengenal Yesus sebagai guru dan Tuhan”. Dari situ kita mengambil tema rosario mengenal Yesus melalui peristiwa gembira. Kita diajak untuk semakin mengenal Tuhan Yesus melalui permenungan peristiwa gembira rosario. Oleh karena itu, modul ini mengajak teman muda untuk berdoa rosario diawali dengan membaca peristiwa gembira Injil. Untuk menambah kedalaman memasuki misteri peristiwa gembira, teman-teman diajak membaca surat untuk Bunda Maria. Surat pada Bunda Maria kita baca dengan disposisi seseorang yang sungguh rindu pada Maria. Kita berharap mengalami peristiwa gembira secara personal sekaligus mendapatkan insight iman akan Maria.

Dalam modul ini ada 5 tema yang akan kita dalami dan doakan. Adapun tema itu sebagai berikut. Pertama, The Rejoice (sukacita).  Dalam tema pertama ini, teman-teman diajak untuk bersukacita karena Allah sendiri mau menjadi manusia dan lahir untuk kita. Kedua, Share the Love (Berbagi kasih). Tema kedua ini mengingatkan kita bahwa sukacita bukanlah milik kita sendiri. Sukacita baik untuk bisa dibagikan melalui perjumpaan dengan orang lain. Ketiga, Man for others (menjadi “roti” untuk sesama). Dalam tema ketiga ini teman-teman diharapkan mau jadi berkat untuk yang lain. Meskipun ada penderitaan dan perjuangan, hidup kita akan selalu bermakna untuk orang lain. Keempat, Give the Best (berikan yang terbaik). Bunda Maria telah memberikan contoh yang sangat luar biasa. Dia mempersembahkan Yesus, buah hatinya yang sangat berharga. Kelima, Come Home! (kembali ke Rumah Bapa). Jika Yesus tahu bagaimana menjadi Putera BapaNya di Bait Suci, teman-teman diajak untuk mencari Bapa di hati teman-teman. Carilah, temukan dan bersukacitalah!

Semoga modul ini dapat membawa orang muda pada pengenalan yang semakin dalam akan Tuhan Yesus melalui misteri peristiwa gembira.

Tuhan memberkati.