Salam damai dalam Kristus ,

 

 

Kakak-kakak pendamping yang terkasih, pada bulan Oktober ini kami menyediakan bahan doa bulan Rosario yang dapat digunakan pada pertemuan Remaja Katolik di tiap paroki. Bahan ini dibuat dalam kerangka fokus pastoral 2 tahunan (2021-2022) yakni tahun Kemuridan. Secara khusus fokus pastoral di tahun 2021 adalah Mengenal Yesus sebagai Guru dan Tuhan.

Tema Bahan Bulan Rosario bagi Rekat ini melanjutkan tema sepanjang tahun yakni Mengenal Yesus dalam Peristiwa Gembira. Pemilihan Peristiwa Gembira disesuaikan dengan kerangka bahan katekese yang sudah ditetapkan. Remaja diharapkan dapat semakin mengenal Yesus lewat tiap peristiwa yang ada dalam peristiwa gembira rosario suci. Secara khusus bahan doa bulan Rosario bagi Rekat ini dibuat dalam format berdoa rosario bersama yang diawali dengan membaca surat sukacita dari Ibu Maria. Dalam empat pertemuan, para remaja diajak untuk mendengarkan surat sukacita dari Ibu Maria. Kemudian pada pertemuan kelima, para remaja diajak menulis surat sukacita pada Ibu Maria. Surat sukacita ini juga dibuat dalam format audio yang sudah disediakan. Model surat tersebut diharapkan dapat semakin menekankan kesan relasi yang personal dan dekat antara Ibu Maria dengan para remaja dalam kerangka mengenal Yesus.

Kita bersama-sama belajar semakin mengenal Yesus melalui 5 peristiwa gembira dalam rosario. Rangkaian pengenalan akan Yesus bagi remaja diawali dengan menerima Yesus sebagai Sang Sukacita, membagikan sukacita tersebut, menghidupi semangat kesederhanaan dalam sukacita, mau mempersembahkan diri dengan sukacita hingga akhirnya memiliki hidup yang penuh sukacita.

Adapun tema pertemuan tersebut adalah

1) Yesus Sukacitaku

2) Kubagikan Sukacitaku

3) Bersukacita dalam Kesederhanaan

4) Kupersembahkan diriku dengan sukacita

5) Hidup penuh sukacita.

 

Kakak-kakak pendamping yang terkasih,

Bahan Bulan Rosario ini dapat dikembangkan sesuai situasi Remaja Katolik di paroki masing-masing. Anda boleh mengkreasikan lagu, permainan, dan sebagainya sepanjang sejalan dengan tema untuk semakin membantu Remaja Katolik mendalami tema. Bentuk pelaksanaan pertemuannya pun dapat disesuaikan dengan situasi di paroki masing-masing, entah online maupun offline.

Akhirnya, kami mengajak kakak-kakak sekalian untuk terus bersemangat mendampingi Remaja Katolik dan tetap jaga kesehatan.

 

 

Berkah dalem.