Gereja adalah persekutuan. Dalam situasi sekarang ini menjadi krusial untuk menunjukkan integrasi persekutuan di era digital. Highlight Musyawarah Pastoral 2019 yang lalu tertuju pada 2 sayap penting agar Gereja tetap relevan dalam dinamika umat dan warga negara.  Dua sayap penting tersebut adalah :
1. Pemberdayaan ekonomi umat
2. Pemanfaatan teknologi informasi 

Di sinilah peranan Divisi Media sebagai sebuah urgensi dan kebutuhan, khususnya dalam dua hal primer.  Pertama, adalah untuk peka terhadap informasi Pastoral yang dapat terwadahi dalam ruang digital internal masing-masing elemen dan ruang digital Pusat Pastoral Keuskupan Surabaya. Kedua, adalah bagaimana Divisi Media dapat memberi dampak dalam media komunikasi dan publikasi Pusat Pastoral Keuskupan Surabaya. 

Zoom Meet TEMU DIVISI MEDIA KOMUNIKASI & PUBLIKASI PUSAT PASTORAL KEUSKUPAN SURABAYA menjadi titik awal perjumpaan tim yang sama sekali baru dalam dinamika kehidupan Pastoral Keuskupan Surabaya. Pertemuan pada hari Jumat, 26 November 2021 pukul 19.00 WIB ini dihadiri oleh 59 peserta yang terdiri dari perwakilan Komisi, Kategorial, Yayasan Pendidikan Katolik dan umat yang tergerak untuk terlibat aktif dalam animasi Kristiani. Dalam pertemuan ini, RD. Agustinus Tri Budi Utomo selaku Vikaris Pastoral Keuskupan Surabaya memberikan materi berjudul "Jumpa Divisi Media Keuskupan Surabaya", dan RD. Aloysius Widya Yanuar Nugraha selaku Sekretaris Pusat Pastoral Keuskupan Surabaya memberikan materi "Menumbuh-kembangkan Gereja Melalui Jaringan Internet", serta RD. Paulus Febrianto selaku Sekretaris Keuskupan Surabaya yang memberikan peneguhan dan berkat penutup di akhir acara.