Para Kakak Pemandu Pendalaman APP BIAK yang terkasih, pada tahun 2020 ini kita memasuki tahun ‘Pertobatan Bersama Para Murid Kristus’. Tahun ini didedikasikan bagi diseminasi hasil Mupas bagi seluruh umat, khususnya insan pelaksana reksa pastoral di seluruh wilayah Keuskupan Surabaya.
Oleh sebab itu, Panitia APP Keuskupan Surabaya menetapkan tema pendalaman APP tahun ini dengan mengacu pada komitmen pertobatan agar semua bergerak bersama menghidupi pilihan strategi pastoral hasil Mupas yakni ‘Dengan semangat Ardas, Mendewasakan Paroki berakar Lingkungan yang hadir di tengah Masyarakat’. Yang dimaksudkan dengan istilah “LINGKUNGAN” adalah istilah kegerejaan yang terkait dengan umat beriman yang menjadi bagian dari teritorial Paroki, dalam hal ini bukan dalam arti ekologi (lingkungan hidup). Dalam Pedoman Pastoral Pengurus Lingkungan (PPPL) di rumuskan demikian:
Lingkungan adalah cara hidup menggereja murid-murid Kristus dalam persekutuan teritorial berakar keluarga dengan jumlah tertentu, hidupnya berdekatan, memiliki pengurusnya sendiri, dan menghayati imannya secara mendalam melalui 5 aspek hidup menggereja: pewartaan, persekutuan, peribadatan, kesaksian, dan pelayanan masyarakat. Persekutuan para murid Kristus ini menjadi bagian dari reksa pastoral paroki.