Sekapur Sirih

Salam semangat muda dalam Kristus!


Teman-teman muda yang terkasih

Hari Raya Paskah di tahun 2021 sudah di depan mata. Kita sudah berdiri sangat dekat dengan puncak iman kita, yaitu kebangkitan Kristus. Santo Paulus menyatakan bahwa tanpa kebangkitan-Nya maka sia-sialah iman kita (1 Kor 15:17). Iman kita sungguh hidup dan menjadi tumpuan masa depan kita oleh karena Ia yang telah bangkit dan memberi kita janji keselamatan kekal. Bagi kita orang muda, kebangkitan-Nya adalah cahaya yang menerangi masa muda kita dan membuka segala pengharapan untuk masa yang akan datang. Yesus yang telah bangkit merupakan tanda nyata bahwa Ia hidup dan mengundang kita agar menjadi orang muda yang hidup penuh semangat iman, kasih dan pengharapan.
Teman-teman muda yang terkasih

Kebangkitan yang dialami Yesus tidak ditempuh-Nya dengan jalan ringan apalagi santai. Kebangkitan itu ditempuh-Nya dengan jalan salib! Tidak ada keselamatan tanpa salib, tidak ada hidup kekal tanpa perjuangan iman, dan tidak ada paskah tanpa pertobatan. Jalan salib yang ditempuh Yesus adalah tanda nyata bagaimana kita memiliki Allah yang berbelas kasih, mau memikul keberdosaan kita, dan menebus hidup kita. Sebagai orang muda, kita dipanggil untuk mewarnai hidup setiap hari dengan komitmen cinta seperti Yesus sendiri, yaitu mau mewujudkan dan memperjuangkan iman serta memberikan diri agar menjadi berkat bagi orang lain. Dengan itulah masa muda kita akan menjadi berwarna dan bermakna!

Teman-teman muda yang terkasih


Buku panduan jalan salib ini merupakan buah kerjasama antara Komisi Kepemudaan Keuskupan Surabaya, Komunitas Tritunggal Mahakudus, BPK PKK Keuskupan Surabaya, Heman Salvation Ministry, PMKRI, Pemuda Katolik, dan Serikat Sosial Vincensius. Saya secara pribadi merasa begitu bahagia dan bangga atas proses dan hasil kerjasama ini. Bagi saya, melihat orang muda Katolik bekerjasama adalah sama seperti melihat masa depan Gereja yang indah dan meyakinkan. Sembari terus berdoa dan menguasahakan aksi nyata di masa pandemi ini, semoga kegiatan jalan salib orang muda menjadi sarana pertobatan bagi semua orang muda di Keuskupan Surabaya. Tuhan Yesus senantiasa berkati kita semua.

Minggu, 14 Februari 2021
Gereja St. Maria Annuntiata, Sidoarjo

Rm. Agustinus Ferdian DP
Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Surabaya