Hari Orang Muda Sedunia (HOMS) merupakan momentum istimewa bagi Gereja untuk mendengarkan orang muda. Gereja mau menunjukkan Yesus selalu muda bagi mereka (CV, 1). Tuhan Yesus selalu hadir dalam suka-duka setiap orang muda. Tuhan Yesus hadir bagi orang muda yang galau, putus asa, mager dan persoalan hidup lainnya. Salah satu kegalauan orang muda saat ini ialah soal pasangan hidup.

HOMS 2022 adalah kali kedua bagi Keuskupan Surabaya. Ardas Keuskupan Surabaya menetapkan tahun 2023 sebagai tahun “Bersatu dengan Tuhan Yesus dalam Keluarga”. Berdasarkan cita-cita itu, Komisi Orang Muda Katolik (KOMK) Keuskupan Surabaya menyusun tema HOMS berikut “Wanna Live Forever with Me?” Lewat tema itu, Gereja Keuskupan Surabaya, sebagai Sang Ibu Kasih, di bawah penggembalaan Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono, mau berjalan bersama anak muda dalam merencanakan hidup berkeluarga ala Katolik.

HOMS dengan peserta 393 orang dari 8 Kevikepan ini dilaksanakan di Sasana Krida Jatijejer selama tiga hari (18-20 November 2022). Acara yang berskala cukup besar ini diorganisir oleh Orang Muda Katolik (OMK). Mereka adalah alumni pastoral kaderisasi mahasiswa angkatan IV (2022) dan kaderisasi SMA. Satu hal yang sangat istimewa adalah kehadiran 16 peserta OMK difabel. Ini indah sekali karena menunjukkan Gereja yang terbuka kepada orang muda dari berbagai kondisi apa pun. HOMS ini juga dimeriahkan oleh Youcat Indonesia, Cafe Pastor, dan Bonum Apparel. (Kasimirus Tatebburuk - Katekis Puspas Keuskupan Surabaya)

 

Pentas Seni

 

Diskusi Kelompok

 

Talkshow pasutri 
pasangan bapak Yohanes Yudo Wibowo dan Ibu Indah Winarni

 

Misa Konselebrasi Penutupan HOMS 2022.
Rm. Marcel, Rm. Didik dan Rm. Elva