Para Romo, Suster, Bruder, Frater, Katekis, dan seluruh Umat Allah di Keuskupan Surabaya yang terkasih, mempertimbangkan Surat Edaran Kongregasi Ibadat Suci dan Tata Tertib Sakramen kepada Para Uskup, Prot. N. 96/21, tertanggal 17 Februari 2021, tentang Perayaan Pekan Suci 2021, serta mengingat bahwa Perayaan Pekan Suci merupakan saat yang paling tepat bagi umat beriman merayakan Puncak Iman Kristiani dalam Misteri Paskah Kristus, saya memutuskan untuk menetapkan beberapa kebijakan pastoral berkaitan dengan Perayaan Pekan Suci 2021sebagai berikut

 

  1. Saya mendorong agar Perayaan Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Vigili Paskah dan Minggu Paskah dirayakan di gereja-gereja Paroki, Kuasi dan stasi di Keuskupan Surabaya bersama dengan umat beriman. Memang masa Pandemi belum sepenuhnya berakhir dan bahkan kita semua tidak tahu kapan akan berakhir, akan tetapi dengan pelaksaan Protokol Kesehatan yang memadai, kiranya kita bisa tetap melaksanakan Pekan Suci dengan aman dan tidak lagi kehilangan momen yang amat berharga untuk merayakan puncak iman kita.
  2. Dalam masa Pandemi ini, sambil memastikan bahwa perayaan misteri suci dapat dirayakan oleh umat beriman secara efektif sekaligus sesuai dengan protokol kesehatan, beberapa ketentuan liturgis telah dibuat khusus untuk pelaksanaan Pekan Suci 2021. Panduan teknis perayaan Pekan Suci akan disiapkan oleh Komisi Liturgi Keuskupan Surabaya.
  3. Karena dalam Vigili Paskah pada tahun ini tidak diperkenankan adanya pembaptisan (untuk mempersingkat perayaan), maka penerimaan Sakramen Baptis untuk para katekumen pada tahun ini dilaksanakan 1 minggu lebih awal, yakni pada hari Sabtu sebelum Pekan Suci dimulai (Sabtu sebelum minggu palma). Hendaknya penerimaan Sakramen Baptis dirayakan dalam sebuah perayaan ekaristi sederhana (pada pagi/siang hari) bersama dengan calon baptisan baru, sehingga mereka pun nantinya dapat merayakan pekan suci sebagai seorang katolik.
  4. Bagi umat yang terhalang untuk mengikuti Perayaan Pekan Suci di parokinya, sesuai dengan edaran dari Kongregasi Ibadat Suci dan Tata Tertib Sakramen, hendaknya mengikuti Perayaan Pekan Suci 2021 yang dipimpin oleh Uskup Surabaya secara live streaming sebagai simbol kesatuan.
  5. Perayaan Rekoleksi, Misa Krisma, serta Pembaharuan Janji Imamat pada tahun ini akan dilaksanakan seturut pengumuman yang sudah dikeluarkan oleh Sekretariat Keuskupan Surabaya.


Demikian Surat ketentuan Pastoral in saya buat untuk dilaksanakan. Bersama Bunda Maria marilah kita terus memohon berkat dan rahmat Tuhan agar pandemi Covid-19 segera berlalu.

 

Surabaya, 10 Maret 2021

Berkat Tuhan,

 

Msgr. Vincentius Sutikno Wisaksono
Uskup Surabaya