Alamat         Jl. Majapahit No. 38B, Surabaya 60265
Telepon PABX  031 - 5616042; 5679865; 5624141; 5665061  Ext.24
Email [email protected]

SEJARAH

Komisi Komunikasi Sosial (KOMSOS) Keuskupan Surabaya kami tulis bertolak dari SK yang ditandatangani Uskup Surabaya, Mgr. Drs. J. Klooster CM pada tanggal 17 Mei 1976. Dikatakan bahwa berdasarkan keputusan rapat bersama Panitia Komunikasi Sosial Keuskupan Surabaya dan Panitia Siaran Keuskupan Surabaya pada tanggal 12 Mei 1976, maka Bapak Uskup, Mgr. Johanes Klooster CM mengangkat Bapak Drs. H.J. Soedarmadji sebagai Ketua Panitia Komunikasi Sosial Keuskupan Surabaya. Pada saat itu Bapak Uskup juga merestui dan menyetujui keputusan dibentuknya Panitia Komsos bagi Keuskupan Surabaya dan keputusan rapat bersama, agar Panitia Siaran Keuskupan yang terbentuk pada tanggal 23 September 1974 (Surat no. 1/I/SRK/74) untuk dilebur menjadi anggota Panitia Komunikasi Sosial Keuskupan Surabaya. Panitia KOMSOS Keuskupan menjalin komunikasi dengan PWI KOMSOS di Jakarta.

Pada tahun 1981 ketua KOMSOS Keuskupan Surabaya dijabat oleh Bapak Drs. FX. Eddy Iswanto (1981-1985) dan mulai tahun 1986 s.d. 2002 ketua dijabat oleh Rm. John Tondowidjojo CM dengan kantornya di jalan Residen Sudirman no.3 Surabaya.

Pada tahun 2002 Bapak Uskup Surabaya, Mgr. Yohanes Hadiwikarta mengangkat Rm. Yosef Eko Budi Susilo untuk menjabat sementara sebagai Ketua Komisi KOMSOS Keuskupan Surabaya sambil menunggu kedatangan Rm. Boedi Prasetijo dari Studi Teologi Pastoral Komunikasi Sosial di Santo Tomas Manila Filipina. Dan mulai tahun 2003 Komisi KOMSOS diketuai oleh Rm. Boedi Prasetijo dengan kantor barunya di Wisma Pastoran Hati Kudus Yesus jalan Mojopahit 38-B dengan alamat surat Jalan Polisi Istimewa 17 Surabaya. Di sebelah kantor KOMSOS mulai tanggal 30 Oktober 2004 diberkati dan diresmikan Studio KOMSOS dengan peralatan berteknologi digital. Dan pada bulan November 2004 sudah mulai melayani rekaman audio dan video editing dengan operator studio Mas Didied Wardojo.

 

Visi:

Terwujudnya Visi Keuskupan Surabaya, yakni: ’’Persekutuan Umat Beriman yang berpusat pada Yesus Kristus, Pastor Bonus serta dibimbing oleh Roh Kudus sebagai musafir yang peka melihat tanda-tanda jaman, punya kepedulian pada sesama terutama yang miskin dan menderita, berani memperjuangkan keadilan dan kebenaran, membina persaudaraan sejati dengan semua orang demi terwujudnya Kerajaan Allah.”

 

Misi:

  1. Mengkomunikasikan Kristus, Pastor Bonus kepada umat beriman dengan media komunikasi masa kini.
  2. Menyediakan program siaran radio dan televisi, kaset, cd/vcd/dvd untuk pewartaan iman Katolik.
  3. Melayani masyarakat untuk pewartaan iman Katolik dan atau kemanusiaan universal

 

Rencana Strategis:

  1. Melaksanakan program keuskupan dalam penyediaan sarana media audiovisual.
  2. Bekerja sama dengan RRI Cabang Madya Surabaya dan TVRI Jawa Timur untuk program Iman Katolik.
  3. Bekerja sama dengan komisi-komisi Keuskupan Surabaya untuk pewartaan iman.
  4. Bekerja sama dengan KOMSOS Paroki-paroki di Kota Surabaya untuk pengaturan Misa siaran langsung di RRI Cabang Madya Surabaya dan pengembangan Media Cetak Paroki serta Tabloid Jubileum.
  5. Bekerja sama dengan KOMSOS KWI dan KOMSOS Keuskupan lain, serta anggota SIGNIS Indonesia.
  6. Bekerja sama dengan Televisi Swasta Nasional misalnya RCTI dan TV Lokal (Surabaya TV).

 

KEGIATAN & CIRI KHAS Yang Rutin:

  1. Memimpin Redaksi dan menulis (Rm Boedi) untuk Tabloid Bulanan Jubileum serta membantu untuk Sirkulasi (Mas Didied).
  2. Menyiapkan program Siaran Agama Katolik di RRI Cabang Madya Surabaya tiap Minggu malam (dikerjakan oleh Suster Yulita dan beberapa volunteer) dan mulai tahun 2007 siaran pada hari Senin-Selasa malam.
  3. Mengatur jadwal Misa Siaran langsung di RRI (dipublikasikan di Tabloid Jubileum Keuskupan Surabaya edisi Desember 2004)
  4. Membuat naskah, menghubungi nara sumber dan mengatur rekaman program ’’Penyejuk Hati Surabaya TV” di gereja-gereja paroki di kota Surabaya. Disiarkan mulai bulan September 2008 pada hari Sabtu malam jam 21.05 WIB dan hari Minggu pagi jam 06.05 WIB (siaran ulang).

 

Yang Dikerjakan sejak Tahun 2005:

  1. Bekerja sama dengan Paguyuban Katekis Keuskupan Surabaya untuk produksi kaset dan CD APP 2005: Geliat Keadilan.
  2. Membuat VCD Profil Keuskupan Surabaya dan mempresentasikan di hadapan Para Uskup Regio Jawa plus Tanjungkarang di Pacet-Mojokerto, 7- 10 Juni 2005.
  3. Menyiapkan makalah dan presentasi Refleksi Wafatnya Paus Yohanes Paulus II dan Pengangkatan Paus Benediktus XVI dalam Raker Para Uskup Regio Jawa-Tanjungkarang di Pacet.
  4. Menyusun Reportase dan Presentasi Pengaruh Munculnya Televisi Lokal/Daerah dan Dampaknya untuk Pewartaan Iman di Keuskupan Surabaya pada Raker Para Uskup Regio II.
  5. Mendokumentasikan Proses Raker Para Uskup dalam foto dan CD.
  6. Bekerja sama dengan Yayasan Yohanes Gabriel Keuskupan Surabaya untuk membuat profil yayasan durasi 15 menit dan 30 menit pada bulan Agustus s.d. Oktober 2005.
  7. Bekerja sama dengan Komisi KKI (Karya Kepausan Indonesia) Keuskupan Surabaya dan Komisi REKAT (Remaja Katolik) untuk produksi CD dan VCD.
  8. Melayani komisi-komisi, paroki-paroki, dan sekolah-sekolah serta masyarakat umum untuk rekaman di Studio KOMSOS Surabaya sejak November 2004.
  9. Bekerja sama dengan Panitia Pentahbisan Uskup Surabaya dalam publikasi dan dokumentasi pada bulan Juli 2007.
  10. Menjadi juri Lomba Poster pada HUT RKZ pada bulan Mei tahun 2007 dan 2008.
  11. Bekerja sama dengan Komisi Liturgi dalam penerbitan Media Liturgi mulai tahun 2008.
  12. Menjadi nara sumber pada Nyepi Dosen dan Karyawan UNIKA WM Surabaya di Villa Graha Kusuma Pacet tentang Interpersonal Komunikasi pada tanggal 5-6 April 2008.
  13. Bekerja sama dengan KOMSOS KAJ dan RCTI Jakarta untuk Sinetron Penyegaran Rohani Katolik serial "Jejak Langkah Peziarah” dalam 3 episode (Duka Kita Duka Sang Buda, Meninggalkan Tuhan Untuk Tuhan, Potret Yang Terabaikan), lokasi syuting di Surabaya dan Puhsarang Kediri bulan Mei 2008 yang ditayangkan Mei-Juni 2008.

Bekerja sama dengan Panitia PERNAS Komisi HAK KWI bulan Mei 2008. Menjadi nara sumber pada pertemuan Komisi Pendidikan Non Formal Suster Ursulin di Biara Komunitas Surakarta tentang "Interpersonal Komunikasi dalam Kehidupan Asrama” pada hari Rabu, 2 Juli 2008.

SUSUNAN PENGURUS KOMISI 2017-2020

Ketua Komisi Bernardus Adi Koesoemo Wardojo
Koordinator Tim Komisi Antonius Ryan Hendrapraja Setiatmoko
Sekretaris Leonardus Dewa Made Ramawidia Swara
Bendahara Antonius Ryan Hendrapraja Setiatmoko
Bag. Pemasaran Christina Putri Arbadita
Bag. Pemberdayaan Leonardus Richard Angkapranoto
Sub-Bag. Modul Agustinus Maria Errol Jonathans
  Adrianus Joseph Harry Sulistyo
Sub-Bag. Animasi Agustinus Maria Errol Jonathans
  Adrianus Joseph Harry Sulistyo
Bagian Produksi: Bernardus Adi Koesoemo Wardojo
Sub-Bag. Audio Visual Bernardus Adi Koesoemo Wardojo
- Studio Recording Audio Visual Bernardus Adi Koesoemo Wardojo
- Video Antonius Ryan Hendrapraja Setiatmoko
-Audio Agustinus Maria Errol Jonathans
  Adrianus Joseph Harry Sulistyo
Sub-Bag. Media Online Leonardus Richard Angkapranoto
- Facebook Marcellinus Dicky Pradhana
- Instagram Patricius Dwi Christanto
- Youtube Silvanus Vondy Kumala
- Website Development Samuel Sam Sebastian Aryono Pangestu
- Mime Art Silvanus Vondy Kumala
Sub-Bag. Media Cetak Leonardus Dewa Made Ramawidia Swara
- Jubileum Yovinus Guntur Wicaksono
Sub-Bag. Arsip Leonardus Richard Angkapranoto
Bag. Sarana dan Prasarana Antonius Ryan Hendrapraja Setiatmoko