logo

Komisi Lansia

logo

Jl. Majapahit No. 38B, Surabaya 60265

: @komisilansia_keuskupansby

: Komisi Lansia Keuskupan Surabaya

  1.  

Hakekat

Perangkat keuskupan  yang membantu karya penggembalaan Uskup melalui pembentukan karakter kristiani dan peningkatan kualitas hidup umat usia di atas 60 tahun sesuai dengan Arah Dasar Keuskupan Surabaya.

  1.  

Tujuan

Terwujudnya karakter kristiani dan peningkatan kualitas hidup umat usia diatas 60 tahun.

Terwujudnya pembinaan dan pembentukan karakter Kristiani bagi Umat Katolik usia diatas 60 tahun, yakni: sehat secara fisik, mental dan rohani baik sebagai individu, anggota dalam keluarga maupun komunitas.

  1.  

Fungsi Koordinasi

  1. Mengoordinasikan pertemuan-pertemuan rutin maupun non rutin bagi anggota tim dan relawan Komisi Lansia
  2. Mengoordinasikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program dan kegiatan tim Komisi Lansia
  3. Mengoordinasi pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pembekalan bagi tim Seksi Lansia di tingkat kevikepan dan paroki
  4. Mengordinasi kemitraan dan kerjasama Komisi Lansia dengan: komisi lain Bidang Formatio, Komisi-komisi Bidang Sumber, Kerasulan Khusus dan Kerasulan Umum, serta organisasi/ lembaga berbasis pelayanan dan penguatan para Lansia.

Fungsi Komunikasi

  1. Mengembangkan komunikasi dengan Uskup dalam penggembalaan para Lansia di Keuskupan Surabaya
  2. Mengembangkan relasi antar insan pastoral dalam tim pastoral Komisi Lansia
  3. Mengembangkan relasi insan yang terlibat dalam pastoral Lansia di antara komisi dalam rumpun bidang formasi dan bidang lainnya
  4. Mengembangkan relasi insan yang terlibat dalam pendampingan dan pembinaan pastoral Lansia baik di tingkat kevikepan, paroki, maupun kelompok atau komunitas Gerejani
  5. Mengembangkan relasi dengan lembaga pemerintah, organisasi non pemerintah, komunitas Lansia, dan lembaga yang terkait dengan pelayanan/pemberdayaan Lansia.
  6. Mengembangkan media komunikasi yang menunjang pelayanan pastoral bagi Lansia.

Fungsi Formasi

  1. Menyelenggarakan dan memfasilitasi peningkatan kapasitas pastoral, spiritual, managerial, dan sejenisnya bagi para insan dalam Komisi Lansia agar semakin bertumbuh dan berkembang dalam melaksanakan karya pastoral sesuai semangat ARDAS
  2. Meningkatkan kuantitas (jumlah) tim pastoral Lansia
  3. Membangun ruang atau system yang menjamin adanya regenerasi secara berjenjang dan berkesinambungan bagi pastoral Lansia
  4. Mengadakan pedoman pastoral yang diperlukan untuk pembinaan dan pendampingan umat Lansia baik ditingkat Komisi maupun di tingkat Paroki, supaya terarah dan terjaga sesuai ARDAS Keuskupan Surabaya. 
  5. Menyediakan materi dan bahan pengajaran, pembinaan, pendampingan, dan pendalaman iman bagi Umat Lansia katolik supaya sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan dalam ARDAS Keuskupan.
  6. Pengolahan bahan ajaran Gereja (Kitab Suci, Tradisi, dan Ajaran Magisterium) demi tersedianya katekese bagi umat difabel sesuai perkembangan zaman.
  7. Membantu  paroki, kevikepan, dan komunitas gerejani dalam menyediakan bahan-bahan pembinaan dan pendampingan bagi Umat Lansia yang diperlukan.
  8. Menyediakan sarana prasarana yang diperlukan bagi kegiatan pastoral Lansia.
  9. Mengembangkan metode pendampingan dan pembinaan karakter kristiani terhadap umat Lansia yang integral dan kontekstual