logo

Membaca Sejarah Aktual Keuskupan Surabaya

Keuskupan Surabaya dari awal hingga tahun 2020

oleh Mgr. J. Hadiwikarta


Tulisan singkat mengenai perjalanan sejarah Keuskupan Surabaya dari awal mulanya karya misi di Keuskupan Surabaya hingga tahun 2020.Ditulis oleh Mgr. J. Hadiwikarta sebagai refleksi mengenai Keuskupan Surabaya yang di muat dalam kumpulan karangan para Uskup se-Indonesia. Diterbitkan oleh Penerbit dan Percetakan Kanisius Yogyakarta pada bulan November 2000, bersamaan dengan pelaksanaan Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia 2000 di Jakarta.

Sejarah Pemekaran Wilayah Pastoral Keuskupan Surabaya

Oleh RD. Agustinus Tri Budi Utomo


Tulisan mengenai sejarah singkat pemekaran Wilayah Pastoral Keuskupan Surabaya. Di awali dari jaman penjajahan VOC hingga Prefectur Apostolic Batavia, Stasi Surabaya dibuka, berdirinya Paroki Kepanjen- Surabaya, perubahan struktur Gerejani di Jawa Timur dan perubahan Prefektur Apostolik menjadi Keuskupan

Sejarah Hati Misi - 90 Tahun CM Indonesia - 50 Tahun Misi CM Roma di Keuskupan Surabaya

Oleh RP. Armada Riyanto, CM


Tulisan ini berasal dari studi dan riset dari sumber-sumber otentik (berupa dokumen, surat, dan pelaporan awal) tentang sejarah misi CM dan sejarah awali Keuskupan Surabaya. Tulisan ini disampaikan dalam HARI STUDI MENGGALI SEMANGAT AWALI MISIONARIS di Keuskupan Surabaya, tanggal 23 Januari 2014 di Aula Paroki Kepanjen, Surabaya.